Senin, 22 Agustus 2011

TRADISI RUAWATAN


Pengertian Ruwat/Ruwatan
Kata “ruwat” mempunyai arti terlepas (bebas) dari nasib buruk yang akan menimpa.
Ruwatan atau meruwat berarti upaya manusia untuk membebaskan seseorang yang menurut kepercayaan akan tertimpa nasib buruk, dengan cara melaksanakan suatu upacara dan tata cara tertentu.
Menurut kepercayaan sebagian masyarakat (jawa: Gugon Tuhon) bahwa sebagian orang yang mempunyai kriteria tertentu itu dalam hidupnya di dunia ada yang akan tertimpa nasib buruk.

Asal Muasal Adanya Ruwatan
Dalam cerita pewayangan ada seorang tokoh yang bernama "BETHORO GURU" atau "SANG YANG GURU", dia beristrikan dua orang istri. Dari istri pademi dia menurunkan seorang anak laki-laki bernama WISHNU. setelah dewasa Wishnu menjadi orang yang berbudi pekerti baik, sementara dari istri selir dia juga menurunkan seorang anak laki-laki bernama BETHORO KOLO. Setelah dewasa Bethoro Kolo menjadi orang jahat, konon kesurupan setan. Dia sering mengganggu jalma manusia untuk dimakan. Maka sang ayah memberi nasehat ''Jangan semua jalma kamu mangsa, akan tetapi pilihlah jalma seperti dibawah ini:
1.    Untang-Anting
yakni anak tunggal laki-Iaki.
2.    Unting-Unting          
yakni anak tunggal perempuan.
3.    Kedono-Kedini          
yakni dua anak laki-Iaki dan perempuan.
4.    Kembang Sepasang    
yakni dua anak perempuan.
5.    Uger-Uger Lawang
yakni dua anak laki-laki.
6.    Pancuran Keapit Sendang
yakni tiga anak, perempuan, laki-laki dan perempuan.
7.    Sendang Keapit Pancuran
yakni tiga anak, laki-laki, prempuan dan laki-laki.
8.    Cukit-Dulit
yakni tiga anak laki-Iaki.
9.    Sarombo
yakni empat anak laki-Iaki.
10.    Pandowo
yakni lima anak laki-laki.
11.    Gotong Mayit         
yakni tiga anak perempuan.
12.    Sarimpi
yakni empat anak perempuan.
13.    Ponca Gati            
yakni lima anak perempuan.
14.    Kiblat Papat  
yakni empat anak laki-laki dan perempuan.
15.    Pipilan
yakni lima anak, empat perempuan dan satu laki-laki.
16.    Padangan  
yakni lima anak, satu perempuan em pat laki-laki.
17.    Sepasar
yakni Lima anak laki-laki dan perempuan.
18.    Pendowo Ngedangno
yakni tiga anak laki-laki dan satu perempuan.
Dalam metos orang Jawa, cerita diatas secara turun temurun masih diyakini kebenarannya, sehingga menurut Shohibur riwayah agar Bethoro Kolo yang jahat itu tidak memangsa jalma seperti tersebut diatas, dicarikan solusi yaitu harus diadakan "RUWATAN" untuk anak yang bersangkutan.

Acara "Ruwatan" Dalam Tradisi Jawa
Ruwatan yang diyakini oleh kebanyakan orang jawa sebagai solusi agar jalma/anak yang bersangkutan terhindar dari mara bahaya, adalah suatu upacara yang acaranya sebagai berikut:
a.    Mengadakan pagelaran wayang;
b.    Sebagai pemandu pagelaran ini, dipilih seorang "DALANG SEJATI";
c.    Lakon yang dipentaskan, lakon khusus "MURWO KOLO";
d.    Menyajikan sesaji khusus untuk memuja Bethoro Kolo;
e.    Pada acara pamungkas ruwatan, ki Dalang Sejati membacakan mantra-mantra dengan iringan gamelan, langgam dan gending tertentu. Konon mantra-mantra tersebut untuk tolak balak (mengusir BETHORO KOLO yang jahat itu).
Acara Ruwatan yang Islami.
Pada saat para wali bertabligh di Jawa, tradisi ruwatan tersebut terus berlaku di kalangan masyarakat. Oleh karena menurut hasil seleksi para wali di dalam upacara dan acara ruwatan ala Jawa tersebut ada unsur-unsur yang menyimpang dari syari’ah, dan ada juga unsur-unsur yang merusak 'aqidah. Maka dengan bijak mbah wali mencari alternatif lain dengan cara mewarnai budaya tersebut dengan amalan-amalan yang Islami.
Sewaktu ada salah satu warga masyarakat yang meminta kepada mbah wali untuk diruwat, beliau tetap melayaninya, namun dengan cara baru, yaitu :
·      Amalan yang asalnya berbau Khurafat (Gugon Tuhon) diarahkan kepada perilaku yang bertendensi kepada syari’ah;
·      Amalan yang asalnya berbau syirik, diarahkan kepada Tauhid;
·      Amalan yang asalnya berbau bid’ah, diarahkan kepada Sunnah.
Dalam acara ruwatan yang Islami ini, mbah Wali berinisiatif untuk melakukan amalan-amalan yang sekiranya sesuai dengan tuntunan syari’ah dan berpegang pada aqidah yang benar. Amalan-amalan tersebut antara lain :
a.    Membaca surat Yasin dengan cara berjama'ah;
b.    Membaca kalimah Thayyibah dan shalawat Nabi;
c.    Memanjatkan do'a (memohon kepada Allah SWT) agar keluarga yang bersangkutan terhindar dari mara bahaya, diberi keselamatan di dunia dan akhirat;
d.    Diadakan sekedar selamatan, shadaqahan, yang dihidangkan kepada para peserta upacara ruwatan.

Hukum Ruwatan
Mengenai hukum ruwatan dengan cara tradisi Jawa seperti yang tersebut dalam keterangan di atas, kiranya cukup jelas bagi kita kaum muslimin, bahwa hal tersebut tidak diperbolehkan, karena didalamnya ada unsur-unsur yang menyimpang dari ajaran agama Islam.
Nah, sekarang bagaimana hukum ruwatan yang dilaksanakan dengan mambaca surat Yasin, Sholawat Nabi, Kalimah Thoyyibah, bacaan do'a dan selamatan ala kadarnya?
Jawaban masalah tersebut, bisa diuraikan sebagai berikut:
a.    membaca surat Yasin dan sholawat Nabi dengan maksud agar tercapai apa yang dituju, terlepas dari kesulitan dan terhindar dari bermacam-macam kejahatan, hal itu termasuk amalan yang dibenarkan dalam agama kita. Sayyid Muhammad bin Alawi dalam kitabnya "Idlohu Mafahimis Sunnah" menerangkan :
وَمَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ يس أَوْ غَيْرَهَا مِنَ الْقرآنِ للهِ تَعَالَى طَالِبًا الْبَرَكَةَ فِيْ الْعُمْرِ وَالْبَرَكَةَ فِيْ الْمَالِ وَالْبَرَكَةَ فِيْ الصِّحَّةِ فَإِنَّهُ لاَ حَرَجَ عَلَيْهِ وَقَدْ سَلَكَ سَبِيْلَ الْخَيْرِ، بِشَرْطِ أِنْ لاَيَعْتَقِدَ مَشْرُوْعِيَّةَ ذَلِكَ بِخُصُوْصِهِ. فَلْيَقْرَأْ يس ثَلاَثًا أَوْ ثَلاَثِيْنَ مَرَّةً أَوْ ثَلاَثَمِائَةِ مَرَّةٍ بَلْ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كُلَّهُ للهِ تَعَالَى خَالِصًا لَهُ مَعَ طَلَبِ قَضَاءِ حَوَائِجِهِ وَتَحْقِيْقِ مَطَالِبِهِ وَتَفْرِيْجِ هَمِّهِ وَكَشْفِ كَرْبِهِ وَشِفَاءِ مَرَضِهِ، فَمَا الْحَرَجُ فِيْ ذَلِكَ؟ وَاللهُ يُحِبُّ مِنَ الْعَبْدِ أَنْ يَسْأَلَهُ كُلَّ شَيْءٍ حَتىَّ مِلْحَ الطَّعَامِ وَإِصْلاَحِ شِسْعِ نَعْلِهِ. وَكَوْنُهُ يُقَدِّمُ بَيْنَ يَدَيْ ذَلِكَ سُوْرَةَ يس أَوِ الصَّلاَةَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا هُوَ إِلاَّ مِنْ بَابِ التَّوَسُّلِ بِاْلأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَبِالْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ. وَذَلِكَ مُتَّفَقٌ عَلَى مَشْرُوْعِيَّتِهِ. إهـ إيضاح مفاهيم السنة ص: 11
Artinya :
" Barang siapa membaca surat Yasin atau surat lain dalam Al-Qur'an karena Allah dengan niat memohon agar diberkahi umurnya, harta bendanya dan kesehatannya, hal yang demikian itu tidak ada salahnya, dan orang tersebut telah menempuh jalan kebajikan, dengan syarat jangan menganggap adanya anjuran syari'at secara khusus untuk hal itu. Silahkan orang itu membaca surat Yasin tiga kali, tiga puluh kali atau tiga ratus kali, bahkan bacalah AI-Qur'an seluruhnya secara ikhlas karena Allah serta memohon agar terpenuhi hajatnya, tercapai maksudnya, dihilangkan kesusahannya, dilapangkan kesempitannya, disembuhkan penyakitnya dan terbayar hutangnya. Maka apa salahnya amalan tersebut? Toh Allah menyukai orang yang memohon kepadaNya mengenai segala sesuatu sampai dengan urusan garam untuk dimakan atau memperbaiki tali sandal. Adapun orang tersebut sebelum berdo’a membaca surat Yasin atau membaca sholawat Nabi hal itu hanyalah merupakan tawassul dengan amal shalih dan tawassul dengan Al-Qur'an. Disyari'atkannya Tawassul ini disepakati oleh para ulama.
Syaikh Ahmad As-Showi dalam kitab tafsirnya juz III halaman 317 juga meriwayatkan sabda Nabi yang artinya:
إِنَّ فِيْ الْقُرْآنِ لَسُوْرَةً تَشْفَعُ لِقَارِئِهَا وَتَغْفِرُ لِمُسْتَمِعِهَا، أَلاَ وَهِيَ سُوْرَةُ يس. تُدْعَى فِي التَّوْرَاةِ الْمُعِمَّةَ. قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا الْمُعِمَّةُ؟ قَالَ تَعُمُّ صَاحِبَهَا بِخَيْرِ الدُّنْيَا وَتَدْفَعُ عَنْهُ أَهْوَالَ اْلآخِرَةِ. وَتُدْعَى أَيْضًا الدَّافِعَةَ وَالْقَاضِيَةَ. قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَكَيْفَ ذَلِكَ؟ قَالَ تَدْفَعُ صَاحِبَهَا كُلَّ سُوْءٍ وَتَقْضِيْ لَهُ كُلَّ حَاجَةٍ ..... إِلَى أَنْ قَالَ: يس لِمَا قُرِئَتْ لَهُ. وَحِكْمَةُ اخْتِيَارِ الصَّالِحِيْنَ فِي اسْتِعْمَالِهَا التَّكْرَارَ كَأَرْبَعٍ أَوْ سَبْعٍ أَوْ أَحَدٍ وَأَرْبَعِيْنَ وَغَيْرِ ذَلِكَ شِدَّةُ الْحِجَابِ وَالْغَفْلَةِ عَلَى الْقَلْبِ، فَبِالتَّكْرَارِ تَصْفُوْ مِرْأَتَهُ وَتَرِقُّ طَبِيْعَتَهُ. إهـ تفسير صاوي جزء ثالث ص 317
Artinya:
''Sungguh dalam Al-Qur'an itu ada satu surat yang memberi syafa'at kepada pembacanya dan memohonkan ampunan untuk pendengarnya, ingatlah surat itu adalah surat Yasin. Dalam kitab Taurat surat ini disebut “AL –MU’IMMAH”. Ditanyakan : apa itu Al-Mu’immah Ya Rasul ? Rasu!ullah menjawab : artinya surat yang bisa meliputi secara keseluruhan kabajikan di dunia dan tertolaknya kehebohan di akhirat bagi pembaca. Surat ini disebut juga “AD-DAFI'AH” dan “Al-QODLIYAH”. Ditanyakan : bagaimana demikian itu Ya Rasul ? Rasulullah menjawab : artinya surat yang melindungi dari segala keburukan dan meyebabkan tercapainya segala hajat bagi pembacanya, .... sampai dengan sabdanya : surat Yasin itu untuk apa saja yang diniatkan oleh pembacanya. Adapun hikmahnya para ulamaus Sholihin memilih membacanya dengan berulang-ulang, empat kali, tujuh kali atau empat puluh satu kali dan lain sebagainya, hal itu karena adanya penghalang dan kelalaian pada hati kita, maka dengan dibaca berulang-ulang itu kiranya bisa menjadi bersihlah cermin hati kita dan menjadi lunaklah tabi'atnya.
b.    Beristighatsah dengan niat bertaqarrub dan berdo'a/ memohon kepada Allah mengenai segala urusan, baik urusan yang kecil atau yang besar, adalah termasuk hal yang diperintahkan oleh Allah dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW.
Dalam Tafsir Showi juz IV halaman 13 diterangkan :
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْ أَسْتَجِبْ لَكُمْ. الدُّعَاءُ فِيْ اْلأَصْلِ السُّؤَالُ وَالتَّضَرُّعُ إِلَى اللهِ تَعَالَى فِيْ الْحَوَائِجِ الدُّنْيَوِيَّةِ وَاْلأُخْرَوِيَّةِ الْجَلِيْلَةِ وَالْحَقِيْرَةِ. وَمِنْهُ مَا وَرَدَ: لِيَسْأَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَاجَتَهُ كُلَّهَا حَتَّى فِيْ شِسْعِ نَعْلِهِ إِذَا انْقَطَعَ. وَقَوْلُهُ أَسْتَجِبْ لَكُمْ أَيْ أُجِبْكُمْ فِيْمَا طَلَبْتُمْ. إهـ تفسير صاوي جزء رابع ص 13
Artinya:
''Dan Tuhanmu berfirman "Berdo'alah kepadaKu niscaya akan Aku perkenankan bagimu (Al-Mukmin : 60). Do'a menurut aslinya ,adalah memohon dan merendahkan diri kepada Allah SWT dalam segala kebutuhan duniawi dan ukhrowi, kebutuhan yang besar atau kecil. Ada anjuran untuk berdo'a dalam riwayat hadits : Silahkan salah satu dari kamu sekalian memohon kepada Tuhannya mengenai semua kebutuhannya sampai dengan tali sandalnya yang putus. Firman Allah: "Astajib Lakum" artinya : Aku (Allah) akan memperkenankan kamu mengenai apa yang kamu mohonkan kepadaKu.
c.    Mengadakan selamatan/menghidangkan hidangan kepada para peserta upacara ruwatan dengan niat shadaqah. Hal ini juga rnengandung banyak fadlilah/keutamaan, antara lain : menyebabkan orang yang bersedekah akan terhindar dari beraneka ragam balak, mushibah dan mara bahaya. Sebagaimana hadits Nabi riwayat dari sahabat Anas, bahwa Nabi SAW bersabda :
الصَّدَقَةُ تَمْنَعُ سَبْعِيْنَ نَوْعًا مِنْ أَنْوَاعِ الْبَلاَءِ. رواه الخطيب عن أنس رضي الله عنه. إهـ الجامع الصغير ص 190
Artinya:
“'Shodaqoh itu bisa menolak tujuh puluh macam balak (mushibah)”. HR. Khotib
Dengan demikian hukum ruwatan dengan membaca surat Yasin, shalawat Nabi dan lain sebagainya adalah boleh jika dimaksudkan untuk rnendekatkan diri kepada Allah dan bersih dari hal-hal yang terlarang. Bisa juga rnenjadi haram jika tidak dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah atau mengandung larangan agama, bahkan bisa jadi kufur, jika dimaksud untuk menyembah selain Allah.
Kesimpulan hukum demikian ini, sebagaimana yang tersebut dalam hasil keputusan bahtsul masa'il NU Jatim halaman 90 :
إِنْ قُصِدَ بِتَصَدُّقِ ذَلِكَ الطَّعَامِ التَّقَرُّبَ إِلَى اللهِ لِيَكْفِيَ اللهُ شَرَّ ذَلِكَ الْجِنِّ لَمْ يَحْرُمْ، لأَنَّهُ لَمْ يَتَقَرَّبْ لِغَيْرِ اللهِ كَمَا لاَ يَخْفَى لِلْمُصَنِّفِ. وَأَمَّا إِذَا قَصَدَ الْجِنَّ فَحَرَامٌ، بَلْ إِنْ قَصَدَ التَّعْظِيْمَ وَالْعِبَادَةَ لِمَنْ ذُكِرَ، كَانَ ذَلِكَ كُفْرًا قِيَاسًا عَلَى نَصِّهَا فِي الذَّبْحِ.
Artinya:
''Apabila menshodaqohkan makanan tersebut dengan tujuan mendekatkan diri (taqarrub) pada Allah agar terhindar dari kejahatan jin, maka tidak haram karena tidak ada taqarrub kepada selain Allah. Apabila ditujukan pada jin, maka haram hukumnya. Bahkan apabila bertujuan mengagungkan dan menyembah pada selain Allah, maka hal itu menjadikan kufur karena diqiyaskan pada nashnya dalam masalah penyembelihan (dzabhi).

30 komentar:

Infonya sangat bermanfaat dan bagu sekali artikel yang tertulis di website ini. Benar-benar sangat membantu

Cara Buang Sial Praktis Dengan RUWATAN SENGKALA - Kunjungi www.RuwatanSengkala.com

bisa dijelaskan tidak mengenai :
Amalan yang asalnya berbau Khurafat (Gugon Tuhon) diarahkan kepada perilaku yang bertendensi kepada syari’ah.
Amalan yang asalnya berbau syirik, diarahkan kepada Tauhid.
Amalan yang asalnya berbau bid’ah, diarahkan kepada Sunnah.

trus mengenai praktik ruwatan sendiri memang terjadi di desa saya, dan itu memang benar efektif. artinya seseorang yg diruwat mengalami perubahan sikap dan sifat. itu bagaimana??

terimakasih

tapi kalo dipadukan pagelaran wayang ya, yasinan, tahlil juga, gitu terus hukumnya gimana ?

moga membawa manfaat dan jadi khasanah pemahaman kita...Amin Ya Robbal Alamin...

Sy setuju
Karena selama bertujuan untuk ibadah kpd Allah insyaallah barokah
Likullim riin maa nawaa

Surat Al-Mukmin memang ada? Dan ayat 60 memang menjelaskan tentang itu?

Kita pakai logika sederhana yaa...

Ruwatan itu untuk menyingkirkan hal buruk yang dilakukan oleh "batara kala" kan?
Sepertinya, dalam agama Islam, itu namanya "Ruqiyah", yg mana menyingkirkan hal buruk yang dilakukan oleh "JIN/SETAN" (yg dalam tradisi jawa disebut "batara kala") kepada manusia...

Lalu, kita umat muslim sepakat bahwa Rasulullah adalah guru terbaik karena beliau adalah Suri Tauladan..

Nah... kalau Rasulullah telah mengajarkan cara ruqiyah (ruwatan) yang 100% syar'i dan disukai Allah (krn nggak ada hal yang dilakukan Rasulullah yang tidak menyenangkan Allah), knapa kita harus mengikuti sesuatu yang dibuat2 oleh manusia selain Rasulullah?

Ingat, caranya setan untuk menyesatkan manusia itu lembut.. setan bisa aja bilang "ini boleh karena tujuannya untuk ibadah".. tapi belum tentu diterima karena caranya tidak sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah..
misal:
1. Shalat itu baik. wajib malahan. tapi adakah yang berkata bahwa shalat subuh 4 rakaat itu baik?? GAK BAKAL PERNAH ADA
2. Sedekah itu baik. tapi kalau bersedekah agar dipuji manusia, apakah itu baik? SAMA SEKALI TIDAK
3. Puasa itu baik. tapi Rasulullah mengatakan bahwa orang yang "tidak berbuka puasa di waktu maghrib" BUKAN TERMASUK GOLONGANNYA.

Saudaraku seiman, ingatlah;
bagi seorang muslim, sekedar NIATNYA BAIK tidaklah cukup. Kebaikan haruslah disertai dengan cara yang benar seperti yang telah disyariatkan oleh Rasulullah Muhammad Shalallahu alaihi wassalam :)

Wallahu a'lam

Klo nloginya sholat shubuh jelas kurang tepat,..sholat shubuh itu jenis ibadah mahdzoh,tata cara dan syari'atnya sudah ditentukan,..sampai kapanpun tidak ada kelompok atau organisasi islam yg akan menambah dan mengurangi rukun dn jumlah rokaat sholat wajib,..Klo soal sedekah ini bentuk dn caranya sangat luas,masalah niatnya utntuk sipuji siapa yg tahu,..tdk hanya sedekah ,..sholat pun ataupun puasa romadhon yg niatnya ria' atau dipuji orng lain siapa yg tahu,semua urusan pribadi masing2 kita tidak bisa mengukur niat seseoarng dlm melakukan suatu perbuatan yg berhubungan dg. ibadah,..kita bisa su'udzon bisa khusnudhzon,..Klo dlm hati kita su'udzon ,jelas apa yg dilakukan orang lain tidak ada benarnya ygpd akhirnya hati kita akan marah benci dn bahkan ingin memusuhi,..maka kriteria yg Anda smpikan terindikasi su'udzon ,maaf..kita sebaiknya khusnudzon aja biar tidk timbul permusuhan, dg niat mempererat silatul rahmi,..

Sudah tahu tradisi warisan Hindu kok yang ngakunya Muslim masih berani melestarikan? Nekatttt... Yang namanya ibadah itu ada dalilnya terus dikerjakan bukan dikerjakan dulu terus diada2kan dalilnya... Jangan terbalik!

@ Anung Anindito
Tidak juga. Analogi Kyo sudah cukup tepat. Ada riwayat dari seorang Tabi'in :
Suatu hari di saat setelah terbit fajar, ada seorang lelaki yang shalat di hadapan Sa’id bin Musayyab rahimahullah (wafat 94 H). Lelaki itu shalat lebih banyak daripada dua rakaat dan ia memperbanyak ruku’ dan sujudnya. Sa’id bin Musayyab pun melarang hal tersebut, maka kemudian lelaki itu bertanya, “Wahai Abu Muhammad (panggilan Sa’id bin Musayyab), apakah Allah akan menyiksaku karena shalat?”
Kemudian Sa’id bin Musayyab menjawabnya, “Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyelisihi sunnah”
Anda menasehati agar jangan marah benci bahkan ingin memusuhi, anda menasehati agar khusnudzon. Kalau begitu, silakan anda berkhusnudzon dengan sesama muslim yang mengharamkan ruwatan dan bid'ah2 lainnya...

@Muhammad Muhid
Kalau begitu enak sekali nanti koruptor beralasan korupsi tidak apa2 kalau niatnya untuk membiayai ibadah haji.

ass pk ustadz mohon share nya untu do"a khadaroh untuk slametan rmh tinggal

kemaren sebelum saya akad saya juga diruwat tp secara islam. dibacakan yasin dan sholawat.

Nggak percaya ......!!!!

Mosok da. Uang ghaib.....!!!buhung.

.. diwoco karo ngopi, luwih enk ..

Saya hanya percaya kepada ALLAH SWT,eemang ada ya uang ghoib2 itu haduuuuhhh

Supaya objektif ya hrus coba.. Baru komntar

Anak tunggal,,, bingung mau nyampaikn ke ortunya, tkt ga setuju ngadakn ruwat secara islami,,,,

Kita semua tidak tau mana yang benar...itu rahasia ilahi...tidak boleh menyalahkan

Donyo Sewu Rupo , Sewu Warno , Ojo disiyo2 jiwo lan Rogo mung nurutin angkoro murko

Pagelaran wayang itu adalah sebagai simbolisasi, karena nama2 tokoh wayang, alur ceritanya dsb semua itu mengandung makna2 islami yang harapannya agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata.

Yang merasa diri paling benar atau baik itu belumtentu(baik & benar)karna baru merasa .sebalikny yang kelihatan buruk atau salah juga belum tentu(buruk dan salah)menurut alloh jadi kalo menurut saya jika urusan hati biarlah allh yang menilai.kita hanya lihat cesing nya saja.yang penting slalu berusaha dan bedoa lalu ber twakal kepadanya

Apakah anda tdk tau kisah asabun nuzul surat Yasin?

Benar ,tokoh dipewayangan itu juga menandakan lakon ,atau keburukan pasti hancur diperangi oleh kebaikan atau tokoh yg berbudi baik .contohnya Pendowo yg hanya lima orang menang melawan 100 kurowo ,

Di sini kan dibagi 4x yasin perorang .trus ada yg kurang bagaimana ya jadinya.misal ada yg baru 2 atau 3x tapi sudah selesai duluan

Sebaiknya kalao kurang paham atao tidak paham tidak usah komen atao menjelaskan
Takutnya salah atao malah menyesatkan.

Saya anak tunggal perempuan,setelah nikah saya sakitan²..kata tetangga coz saya blom diruwat,jd ini sebentar lagi mau diadakan ruwatan secara islami..minta doanya kawan!! Semoga setelah ini saya diberikan kesembuhan oleh Tuhan YME,sehat wal'afiat & yang terpenting klo saya sehat ora tua saya tidak sedih lagi..cita² saya setelah sehat saya ingin membahagiakan kedua orang tua saya..semoga terwujud..aamiin!!

Saya juga setuju dengan acara ruwatan itu. Tetepi memohonnya tetep kepada ALLAH .

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More